3 years ago, Posted by: ainaru

Pendidikan Dokter Hewan Terbaik di Indonesia

Tahukah kamu, di mana kampus kedokteran hewan terbaik di dunia? Merujuk pada rilis yang dikeluarkan oleh QS Top Universities 2017, ternyata The Worlds Top Veterinary Schools diraih oleh University of California, Davis, USA. Yang menarik 10 besar pendidikan dokter hewan terbaik dunia, banyak berada di UK. Setelah Cornell University yang kali ini tampil sebagai runner up, posisi ketiga diduduki oleh Royal Vetirenary College, University of London. 

Berikutnya berturut-turut posisi terbaik, ditempati oleh University of Guelph, Utrecht University, Texas A&M University, University of Glasgow, University of Cambridge, University of Edinburgh, dan University of Liverpool. Untuk kawasan Asia, kampus pendidikan kedokteran hewan terbaik, ternyata berada di Seoul National University.  

Nah, lalu pendidikan dokter hewan terbaik di Indonesia, ada di mana? Unsyah, Unair, IPB, UGM, Unibraw, atau Unhas? Sayangnya, belum ada kampus kedokteran hewan di Indonesia yang mampu menembus pemeringkatan QS. Hal ini tentu, bisa membuat pendidikan dokter hewan di Indonesia, menjadi kian bersemangat untuk mengembangkan diri. Namun ada baiknya, para peminat pendidikan dokter hewan di Indonesia, mencermati beberapa nama kampus tersebut di atas, sebagai acuan awal. Meski belum cukup dikenal luas, pendidikan dokter hewan di Unsyah, Aceh, tidak dapat dipandang sebelah mata. Memiliki 12 laboratorium, mereka berhasil membuka 4 jurnal ilmiah. Saat ini mereka memiliki 4 Prodi, mulai dari D3 sampai dengan S2. Rata-Rata lulusan mereka, menyelesaikan studi pendidikan dokter hewan selama 4 tahun 11 bulan. 

Bagaimana dengan pendidikan dokter hewan di Unhas? Unhas untuk pertama kali menerima mahasiswa baru prodi studi kedokteran hewan, pada tahun ajaran 2010. Menurut mereka, hewan  merupakan mahluk Tuhan yang bisa  dijadikan teman bagi manusia, sebagai bahan makanan. Hewan juga kerap dipakai dalam uji coba penemuan obat dalam penelitian. Untuk itu, hidup sehat bersama dengan hewan yang sehat, akan sangat diperlukan. Sementara pendidikan dokter hewan di IPB, bermaksud menjadi institusi yang unggul di bidang kedokteran hewan dan biomedis, hingga ke tingkat internasional, pada tahun 2020 nanti. Untuk UGM, mereka bahkan telah berani menargetkan masuk 10 besar sekolah kedokteran hewan terbaik di Asia Tenggara. Melalui websitenya, pendidikan dokter hewan UB  berencana mencetak lulusan yang berkompeten, tangguh, dan mampu bersaing sebagai klinikus dengan penguasaan aspek wawasan molekuler. Baik itu sebagai akademisi, peneliti, maupun  technopreuner yang diakui di tingkat nasional dan internasional. Dengan motto "senyum, sapa, bantu", pendidikan kedokteran hewan Unibraw, bertekad untuk menjadi yang terbaik.

Jurusan kedokteran hewan di Unair, mulai berjalan pada tahun 1972. Mengapa pendidikan dokter hewan Universitas Airlangga, juga berpeluang sebagai yang terbaik? Merujuk pada situs resmi mereka, saat ini diketahui bahwa FKH Unair memiliki 26 Profesor aktif. Selain itu, pendidikan dokter hewan di Unair juga memiliki rumah sakit hewan terbesar di Indonesia, yang sedianya akan selesai dibangun pada tahun 2017 ini. Sebenarnya rumah sakit tersebut telah beroperasi sejak tahun 2004, dan melakukan beberapa perbaikan. Selain memiliki program kelas internasional, mahasiswa FKH Unair memiliki kelompok minat provesi veteriner, dan berpeluang menjadi peneliti zoonosis. Di sana, penelitiannya banyak melakukan pembuatan kit diagnostik, sehingga belajar untuk membuat vaksin dan memproduksinya.   

Satu lagi hal yang berbeda dari Unair. Mereka kini membuka S1 Pendidikan Dokter Hewan, PDD Banyuwangi, bekerja sama dengan Pemkab. Banyuwangi. Namun informasi terbaru yang bisa diperoleh menyebut, istilah PDD Banyuwangi secara resmi telah diubah menjadi Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU). S1 Pendidikan Dokter Hewan sendiri, hingga kini tetap berjalan dengan baik di PSDKU Banyuwangi, Universitas Airlangga.


Post Views: 3641


Leave a comment

Comments

Justin

Long time supporter, and thought I'd drop a comment. Your wordpress site is very sleek - hope you don't mind me asking what theme you're using? (and don't mind if I steal it? :P) I just launched my site --also built in wordpress like yours-- but the theme slows (!) the site down quite a bit. In case you have a minute, you can find it by searching for "royal cbd" on Google (would appreciate any feedback) - it's still in the works. Keep up the good work-- and hope you all take care of yourself during the coronavirus scare!

1 year ago
Reply

Copyrights © 2017 All rights reserved