2 years ago, Posted by: ainaru

Apakah Alhokol Berbahaya Bagi Hewan?

Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian.

Seperti halnya pada manusia, ketika hewan terekspos dengan alkohol, maka tubuh akan menjadi depresi (depresi sistem syaraf), efek yang sama dirasakan manusia saat minum alkohol. Kemudian hewan akan bergerak lambat, lunglai, bahkan kehilangan keseimbangannya. Ketika mereka terminum alkohol dengan konsentrasi yang lebih tinggi, nervous sistemnya akan melambat yang akan berefek kepada melemahnya sistem pernafasan serta menurunkan detak jantung serta hal ini akan berdampak pada turunnya temperatur tumbuh hewan. Darah hewan kemudian akan menjadi asam atau biasa disebut metabolic acidosis. Pada kondisi seperti ini, jika hewan tidak ditolong dengan pertolongan medis, hewan akan mati karena terjadinya kegagalan fungsi jantung. Jika hewan masih bertahan hidup, alkohol akan merusak organ lainnya seperti ginjal dan hati. Artinya, penyakit yang sejalur akan berdatangan dan kualitas hidup hewan akan menurun setiap waktu.

Apa yang harus dilakukan jika hewan anda tertelan alkohol tidak sengaja?

Pertama lihat gejalanya, misalnya hewan berbau alkohol, tidak seimbang, tidak dapat berjalan seperti normal dan sebagainya. Biasanya gejala akan muncul 2 jam setelah minum alkohol. Jika hewan anda sudah dalam kondisi ini, segera di bawa ke dokter hewan terdekat, agar diberikan bantuan atau pertolongan sesuai gejala hewan yang anda bawa.

 

 

Sumber :

dokter-hewan.net


Post Views: 639


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved