1 year ago, Posted by: nawyas02

Prediksi Kepribadian Kucing Melalui Warna Bulu

Tahukah kalian, bahwa kita bisa mengetahui perilaku kucing dari warna bulunya. Setelah pemeriksaan yang cermat genetika kucing ke peternak kucing, dokter hewan, ahli perilaku hewan, dan pemilik hewan, mereka setuju jika warna bulu dapat memprediksi perilaku kucing.

Berikut penjelasannya.

1. Kucing Tabby

Kucing tabby adalah kucing yang memiliki pola bulu warna belang atau garis-garis seperti harimau. Mereka lucu, pintar, penuh kasih sayang dan bisa menjadi sahabat yang baik bagi manusia. Kucing ini biasanya cukup penyendiri dan memiliki kecenderungan untuk bermain agresif. Mereka menikmati berburu mangsa mereka di luar. Oleh karena itu, cukup sulit menjaga kucing tabby ini tetap berada di dalam rumah/ruangan.

2. Kucing Siam

Kucing ini biasa disebut kucing siamese/siam. Kucing dengan spot gelap di seputaran wajah, kaki dan ekor ini sering digambarkan seperti anjing. Mereka semangat, pintar, penuh kasih sayang dan bisa diajak berjalan-jalan layaknya anjing.

3. Kucing Oranye/Ginger

Jantannya bersifat tegas, agresif, mudah marah dan memiliki ngeongan yang cukup keras. Kebalikan dari betinanya yang jauh lebih tenang dan kalem. Mereka suka dielus tetapi tidak suka dipeluk/digendong. Kucing oranye disebut kucing pemalas karena mereka kurang minat dalam hal berburu.

4. Kucing Hitam Putih atau Abu-abu Putih

Kucing berwarna ini adalah kucing yang sangat aktif dan pandai. Meskipun sedikit pemalu dan penakut, mereka pandai membuat banyak pertemanan terhadap sesama kucing dan juga manusia. Mereka adalah kucing yang tidak akan membuang waktu mereka hanya untuk bertengkar dengan kucing lainnya.

5. Kucing Coklat

Kucing berwarna coklat sangat jarang ditemui. Mereka cerdas, menyenangkan dan juga sangat ramah. Jika dipelihara, kucing berwarna coklat ini akan lebih sering menggunakan meongan dan paws nya untuk mendapatkan perhatian pemiliknya.

6. Kucing Abu-abu

Mereka sangat suka bermain dan mempunyai rasa penasaran yang sangat tinggi terhadap sesuatu. Walaupun terkadang terlihat tenang dan dewasa, kucing abu-abu suka sekali mengganggu kucing/peliharaan lain dengan tingkah lakunya yang nakal dan atraktif.

7. Kucing Calico/Belang Tiga (Oranye, Hitam, Putih)

99,99% kucing calico atau belang tiga adalah kucing yang ber gender betina. Meskipun ada yang ber gender jantan, tetapi bisa dihitung dengan jari. Mengapa demikian? Penyebabnya adalah masalah genetika. Kucing jantan memiliki kromosom Y, sedangkan kucing betina memiliki kromosom X. Kucing jantan yang normal memiliki kromosom XY, sedangkan betina normal adalah XX. Genetik kucing yang menyebabkan warna bulu berwarna oranye atau hitam terkandung dalam kromosom X. Krena memiliki kromosom XX, maka kucing betina dapat memiliki dua warna sekaligus, yaitu oranye dan hitam. Sedangkan kucing jantan normal memiliki kromosom XY, yang berarti hanya memiliki satu kromosom X. Karena memiliki satu kromosom X, kucing jantan hanya dapat memiliki satu warna saja. Bulu berwarna putih bukanlah gen warna, namun ia adalah gen modifikasi yang tidak terpengaruh dengan kromosom seks (kromosom X dan Y). Faktor genetika inilah yang membuat sangat kecil kemungkinan bisa terlahir kucing jantan dengan bulu berwarna belang tiga.

Calico perempuan memiliki kepribadian yang cukup tenang dan santai. Mereka sangat manis serta penuh kasih sayang, baik terhadap sesama kucing maupun kepada manusia. Karena kucing calico jantan termasuk langka, perilaku kucing calico jantan cenderung agresif dan merasa superior atau lebih hebat dari kucing lainnya.

8. Kucing Putih

Walaupun tidak semua, kucing putih yang bermata biru dan odd-eyes (mata yang berlainan warna kuning-biru) berisiko terkena gangguan congenital deafness alias tuli. Sebagian dari mereka juga mempunyai penglihatan yang buruk. Maka dari itu biasanya kucing putih bersifat pemalu dan sering mengalami gelisah. Di sisi lain, kucing putih sangat manja dan senang berada di dekat pemiliknya.

9. Kucing Hitam

Bagi sebagian orang, kucing hitam dianggap pembawa sial. Tapi tidak untuk pecinta kucing sejati yamg malah menganggap kucing hitam sebagai pembawa keberuntungan. Kucing hitam sangat pandai dan cerdas walaupun terkadang mereka penyendiri di beberapa kesempatan. Mereka sangat aktif dan pandai berburu. Kucing hitam sangat mudah untuk dijinakkan, mereka lebih ramah dibanding kucing berwarna lain. Oleh karena itu, kucing hitam yang dipelihara biasanya menjadi sangat lengket dan sangat menyayangi pemiliknya.

10. Kucing Belang Tortoiseshell

Kucing Tortoishell/tortie adalah kucing yang istimewa dan mempunyai karakter yang unik. Mereka cenderung berkemauan keras, agak pemarah, dan mereka bisa sangat posesif terhadap pemiliknya. Mereka sangat mandiri, penuh semangat dan tak terduga. Mereka biasanya sangat cerewet dan ingin kehadirannya disadari melalui desisan atau suara dengkurannya yang keras.

Untuk lebih mengenal tentang dunia hewan atau kedokteran hewan, silahkan klik FKH

 


Post Views: 2897


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved