1 month ago, Posted by: nawyas02

Meningkat 30 Persen Populasi Harimau di India

Populasi harimau di India bertambah 30 persen dalam rhythm empat tahun sejak 2010. Information tersebut terungkap dalam laporan terbaru yang dilansir pemerintah New Delhi, India, pada Selasa (20/1). 

Merujuk pada information dari sensus tersebut, populasi harimau di India pada 2014 mencapai 2.226, meningkat dari 2010 yang hanya berjumlah 1.706. 

Menteri Lingkungan Hidup India, Prakash Javadekar, menganggap kemajuan tersebut sebagai kesuksesan besar India dalam melestarikan kucing besar itu dari kepunahan dan juga menyelamatkan habitatnya. 

Seperti dilansir Channel News Asia (20/1), pemerintah juga berusaha untuk mengurangi angka kematian akibat keserakahan penduduk. 

Menurutnya, banyak harimau meninggalkan tempat perlindungan untuk mencari makanan dan air karena petani melanggar batas lahan hutan. Untuk pengawasan, pemerintah telah memasang 9.700 kamera tersembunyi di seluruh natural surroundings harimau, termasuk di timur laut Assam dan di barat Rajashtan. 

Diperkirakan lebih dari separuh penurunan populasi harimau liar dunia terjadi di India. Guna menangkal kepunahan binatang ini, pemerintah telah mencanangkan program konservasi yang dianggap sukses. 

Jumlah populasi harimau di India memang meningkat pada empat tahun belakangan. Namun, angka tersebut masih jauh di bawah populasi harimau India pada 2002 yang mencapai sekitar 3.700 ekor. Diperkirakan ada sekitar 40 ribu harimau di India saat negara ini merdeka dari penjajahan Inggris pada 1947. 

Secara worldwide, para pemegang kewenangan di Asia sedang bertarung melawan perburuan liar yang biasa menjual bagian tubuh harimau sebagai bahan obat tradisional Tiongkok. 

"Sementara populasi harimau di dunia menurun, di India malah ada peningkatan. Kami telah berhasil meningkatkan 30 persen dari penghitungan terakhir. Ini adalah kisah kesuksesan besar," ujar Javadekar seperti dikutip dari Hindustan Times (20/1). 

Berupaya untuk terus meningkatkan populasi, Javadekar mengaku pemerintah akan mengoptimalkan perawatan 40 situs perlindungan harimau di India.


Post Views: 45


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved