2 months ago, Posted by: nawyas02

Hal - Hal Perlu Diperhatikan dalam Mengoptimalkan Hasil Industri Unggas

Tingginya permintaan produk unggas mendesak perkembangan peternakan konvensional mengarah ke arah industri. Menjawab perihal tersebut Divisi Peternakan Fakultas Medis Hewan( FKH) Universitas Airlangga( UNAIR) mengadakan Kuliah Tamu dengan topik pembaharuan industri perunggasan.

Kuliah tamu tersebut memperkenalkan dokter praktisi industri ayam layer Amanda Irmasari drh MSi pada Jumat( 25/ 3/ 2022) via Zoom meeting. Amanda mengatakan, terdapat sebagian penanda dalam industri yang bisa diimplementasikan dalam peternakan konvensional. Ialah, perputaran hawa, bobot ayam, serta manajemen breeding.

Perputaran Udara

Amanda menarangkan, industri dengan skala besar mewajibkan melaksanakan pengendalian populasi dalam kandang close house. Supaya, ayam senantiasa terkendali dalam satu area tertutup. Tetapi, terdapat perihal yang butuh dicermati, paling utama perputaran hawa.

“ Pengecekan fan sangat krusial. Sebab, apabila fan mati, hendak terdapat efek kandang menajdi panas serta membuat hawa di dalamnya tidak bergerak. Akibatnya, ayam hendak kesusahan bernapas,” ucapnya.

Guna perputaran hawa pula berarti dalam membagikan kenyamanan untuk ayam. Sebab, ayam cuma hendak menampakkan kemampuan genetiknya apabila didukung keadaan area yang cocok dikala masa perkembangan.

Bobot Ayam

Aspek terutama dalam bisnis unggas merupakan pencapaian bobot. Ini Berarti supaya kegiatan penciptaan bisa berjalan cocok rencana. Apalagi dengan harapan perkembangan lebih kilat.

“ DOC kadangkala mempunyai bobot berbeda serta butuh dipilih. Supaya, ayam yang mempunyai berat rendah peternak bisa manajemen pakan supaya bisa mengejar berat tubuhnya. Sehingga keadaan perlakuan ayam nantinya tidak sangat ribet serta menghabiskan tenaga,” tuturnya.

Manajemen Breeding

Banyak aspek yang pengaruhi pertumbuhan ayam, utamanya dalam usaha pembiakan. Mulai kehadiran Daily Old Chicken( DOC), perlakuan pakan cocok usia, sampai proses panen.

“ Buat memperoleh hasil ayam dengan mutu unggul, kita wajib mengerti gimana manajemen breeding cocok dengan tipe serta ciri ayamnya,” katanya.

Peternak sangat berarti pula menekuni sistem controller. Mulai sistem kandang battery sampai penjagaan kelembaban dan temperatur hawa. Tujuannya, buat membagikan ayam dalam bertumbuh serta tumbuh. Terakhir yang butuh jadi atensi merupakan proses panen. Sebab, itu hendak mempengaruhi pada keadaan psikologis serta bobot unggas.

“ Mengarah proses transportasi ataupun proses perkembang biakan, kita wajib mencermati metode menangkap ayam supaya tidak tekanan pikiran serta berontak,” imbuhnya.

Penulis: Azhar Burhanuddin

Editor: Feri Fenoria 


Post Views: 64


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved