Looking at Surabaya City DKPP's Preparations for Welcoming Eid al-Adha 2024

Menyambut Idul Adha 2024, Dinas Pertahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya mengadakan sosialisasi penanganan hewan qurban untuk menghasilkan produk hewan yang aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH). Kegiatan sosialisasi diadakan pada hari Rabu, 22 Mei 2024 bertempat di kantor DKPP Kota Surabaya.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari drh. Sunarno Aristono, M.Si. selaku perwakilan dari pihak DKPP Kota Surabaya, dilanjutkan oleh Dr. drh. Iswahyudi, MP. selaku Kepala Bidang Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Timur yang memperkenalkan lebih lanjut terkait aplikasi Lalu Lintas iSIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional).

Sebagai pemateri pertama, Prof. Dr. Suwarno, drh., M.Si. menyampaikan materi bertajuk “Pemilihan Hewan Kurban yang Sehat dan Penanganan Daging & Jerohan yang Asuh” yang secara umum menjelaskan prinsip pemotongan hewan dari sisi kesehatan dan kesejahteraan hewan, pemeriksaan ante mortem dan post mortem untuk memastikan kualitas daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Materi dilanjutkan oleh pihak Juru Sembelih Halal (Juleha) Kota Surabaya mengenai management hewan qurban meliputi pembentukan struktur organisasi, pendanaan, handling hewan qurban serta teknis sembelih hewan qurban.

Melalui sosialisasi yang ditujukan kepada perwakilan kecamatan dan takmir masjid ini, mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan dapat memperdalam ilmu di bidang kesehatan masyarakat veteriner, serta memahami peran penting dokter hewan dan Dinas Pertahanan Pangan dan Pertanian dalam masyarakat.

Kegiatan sosialisasi Penanganan Hewan Kurban yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 2, yaitu  Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik, serta mempromosikan pertanian berkelanjutan.

Penulis : Teresa Deandra, S.KH

source
https://unair.ac.id/