FKH UNAIR Journal Manager Gains New Insights Towards Global Visibility at LIPJPHKI Journal Promotion and Increase in Citation Bootcamp

Pengelola jurnal dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (UNAIR) mendapatkan kesempatan emas untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola dan mempromosikan jurnal akademik melalui Bootcamp Promosi dan Peningkatan Sitasi Jurnal. Acara yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 31 Mei hingga 2 Juni 2024, di Baobab Taman Safari Resort, ini diselenggarakan oleh Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan, dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI) UNAIR. Bootcamp ini dihadiri oleh seluruh pengelola jurnal di Universitas Airlangga, menjadikannya platform kolaborasi yang sangat berharga.

Acara pembukaan Bootcamp ini berlangsung dengan penuh semangat dan inspirasi, dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si., selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Community Development, serta Prof. Hery Purnobasuki, M.Si., Ph.D., Ketua LIPJPHKI. Kehadiran dua tokoh ini memberikan semangat dan motivasi yang luar biasa bagi para peserta. Mereka menegaskan pentingnya acara ini untuk kemajuan jurnal akademik di UNAIR dan untuk mendukung reputasi universitas di kancah internasional.

Para peserta mendapatkan berbagai materi berharga selama Bootcamp. Materi pertama tentang pemanfaatan Google Ads untuk promosi dan peningkatan sitasi jurnal disampaikan oleh Ghazi Pradana Putra, A.Md. Kom., dan Muhammad Arifin, A.Md. Kom. Materi kedua tentang optimalisasi Almetric pada media sosial dibawakan oleh Muhammad Iqbal Faizi, A.Md. Kom. Selain itu, Bapak Ferry Efendi, S.Kep.Ns., M.Sc., Ph.D., dari Jurnal Ners Fakultas Keperawatan, berbagi best practice dalam pemanfaatan fasilitas digital marketing untuk promosi jurnal. Materi-materi ini memberikan wawasan baru bagi pengelola jurnal untuk memaksimalkan alat-alat digital dalam meningkatkan visibilitas dan sitasi jurnal mereka.

Selain teori, peserta juga terlibat dalam praktik langsung yang mendalam. Pada hari kedua, mereka mempraktikkan penggunaan Google Ads, Google Analytics, Google Tag Manager, dan Google Looker Tools untuk menjangkau lebih banyak pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Selanjutnya, mereka juga memanfaatkan dan mengoptimalkan Almetric pada media sosial dengan membuat akun Twitter dan Facebook untuk masing-masing jurnal, serta menautkan Almetric badge ke website jurnal. Praktik ini memberikan pengalaman langsung yang sangat berguna dalam mengimplementasikan strategi digital untuk promosi jurnal.

Testimoni dari para peserta mencerminkan betapa bermanfaatnya acara ini. Agil Ramadhan Achmad dari Jurnal Ovozoa menyatakan, “Acara ini sangat mewarnai jurnal yang sedang saya kelola, sehingga bisa lebih bermanfaat untuk meningkatkan aksesibilitas jurnal ke khalayak yang lebih luas.” Sementara itu, Prof. Muchammad Yunus dari Journal of Parasite Science mengapresiasi inisiatif LIPJPHKI ini, menyebutnya sebagai langkah yang sangat mendukung kemajuan jurnal-jurnal di Universitas Airlangga.

Bootcamp Promosi dan Peningkatan Sitasi Jurnal ini tidak hanya memperkuat jaringan komunitas akademik di Universitas Airlangga tetapi juga berkontribusi pada tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4: Pendidikan Berkualitas dan nomor 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur. Dengan meningkatkan kualitas dan aksesibilitas jurnal akademik, Universitas Airlangga berkontribusi pada penyebaran pengetahuan dan inovasi yang lebih luas. Semangat dan pengetahuan yang diperoleh selama acara ini diharapkan dapat terus diaplikasikan untuk kemajuan jurnal-jurnal Universitas Airlangga dan dunia akademik secara keseluruhan.

 

Penulis: Dr. Zulfi Nur Amrina Rosyada, S.Pt., M.Si

source
https://unair.ac.id/