Los Angeles Meluncurkan Senjata Baru untuk Melawan Nyamuk

Los Angeles menghadapi masalah serius dengan penyebaran nyamuk Aedes aegypti yang agresif dan invasif. Nyamuk ini tidak hanya mengganggu aktivitas luar ruangan, tetapi juga menjadi ancaman kesehatan karena dapat menyebarkan penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, dan Zika. Untuk mengatasi masalah ini, Los Angeles telah meluncurkan program inovatif dengan melepaskan nyamuk jantan steril.

Program ini akan merilis puluhan ribu nyamuk jantan yang telah disterilkan setiap minggu di daerah Sunland-Tujunga. Nyamuk ini diproduksi di laboratorium di Kentucky dari telur yang berasal dari wilayah Los Angeles. Setelah menetas, nyamuk-nyamuk ini disinari dengan radiasi yang membuat mereka tidak dapat berkembang biak. Meski steril, nyamuk-nyamuk ini tetap dapat terbang dan berfungsi secara normal, sehingga mereka dapat bersaing dengan nyamuk liar untuk kawin dengan betina. Akibatnya, telur yang dihasilkan dari kawin dengan nyamuk steril ini tidak akan menetas, sehingga populasi nyamuk akan berkurang secara bertahap.

Program ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk menggunakan teknologi baru dalam pengendalian hama, terutama karena nyamuk telah mengembangkan resistansi terhadap beberapa pestisida umum. Selain iradiasi, metode lain yang sedang diuji termasuk modifikasi genetik dan penggunaan bakteri khusus.

Meskipun program ini baru berjalan, harapannya adalah dapat menjadi solusi jangka panjang untuk mengurangi populasi nyamuk di Los Angeles dan sekitarnya. Wilayah lain, seperti Florida, telah lebih dulu menerapkan teknik serupa dengan hasil yang menjanjikan. Program ini juga diharapkan bisa diterapkan di daerah-daerah lain yang menghadapi masalah serupa di masa depan【11†source】 .