Ikan Ini Juga Menghukum Anaknya yang Malas

Penelitian terbaru mengungkap bahwa bukan hanya manusia yang menerapkan hukuman pada anaknya, tetapi juga ikan jenis cichlid Neolamprologus pulcher. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Bristol menemukan bahwa ikan ini memiliki cara unik dalam mendidik anaknya agar tidak malas.

Ikan cichlid dikenal hidup dalam kelompok sosial yang kompleks, di mana setiap anggota kelompok memiliki peran tertentu. Anak-anak ikan ini harus membantu dalam tugas-tugas kelompok, seperti menjaga sarang dan membersihkan area sekitarnya. Jika mereka terlihat bermalas-malasan atau tidak menjalankan tugasnya dengan baik, induk ikan akan menghukum mereka.

Hukuman yang diberikan bukan berupa kekerasan, melainkan penolakan akses ke tempat persembunyian yang aman. Dengan tidak diizinkan masuk ke tempat perlindungan, anak-anak ikan ini akan lebih rentan terhadap predator, sehingga mereka belajar untuk lebih bertanggung jawab dan aktif dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

Penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku mendidik dan menghukum anak untuk mendorong disiplin dan tanggung jawab tidak hanya terjadi pada manusia, tetapi juga pada hewan lain dengan struktur sosial yang kompleks. Temuan ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana hewan mendidik anak-anaknya dan menjaga kelangsungan hidup kelompoknya.

Dengan demikian, perilaku ikan cichlid ini menegaskan pentingnya peran pendidikan dan disiplin dalam keberlangsungan kelompok sosial, baik itu di dunia hewan maupun manusia. Studi ini juga membuka peluang bagi penelitian lebih lanjut tentang mekanisme sosial pada hewan lainnya.