5 Hewan yang Ternyata Bisa Mendengkur saat Tidur

Tidak hanya manusia, beberapa hewan juga bisa mendengkur saat tidur. Fenomena ini cukup menarik karena menunjukkan bahwa mendengkur bukan hanya kebiasaan manusia, tetapi juga terjadi pada hewan. Berikut adalah lima hewan yang diketahui bisa mendengkur saat tidur.

Pertama, kucing adalah hewan yang paling terkenal dengan dengkurannya. Saat merasa nyaman dan aman, kucing akan mendengkur, baik saat tidur maupun ketika terjaga. Suara dengkuran kucing biasanya terdengar lembut dan bisa menenangkan.

Kedua, anjing juga bisa mendengkur, terutama ras dengan hidung pesek seperti Bulldog atau Pug. Mendengkur pada anjing sering terjadi karena posisi tidur yang kurang nyaman atau adanya gangguan pernapasan.

Ketiga, tikus ternyata juga bisa mendengkur. Walaupun jarang terdengar karena suara mereka sangat kecil, tikus mendengkur ketika merasa nyaman di lingkungan mereka. Ini biasanya terjadi saat mereka tidur di sarang yang hangat dan aman.

Keempat, gorila bisa mendengkur saat tidur. Primata besar ini sering kali tidur dalam posisi yang mirip dengan manusia, dan suara dengkuran mereka bisa cukup keras. Mendengkur pada gorila menandakan mereka dalam tidur yang sangat nyenyak.

Kelima, iguana juga dapat mendengkur saat tidur. Reptil ini mendengkur dengan suara yang pelan, dan ini biasanya terjadi saat mereka tidur di bawah sinar matahari atau di tempat yang hangat.

Mengetahui bahwa hewan-hewan ini juga bisa mendengkur menambah wawasan kita tentang perilaku tidur di dunia hewan. Fenomena ini menunjukkan bahwa mendengkur adalah aktivitas alami yang juga dialami oleh berbagai spesies di alam.