Gajah Afrika Punya “Nama” Unik untuk Panggil Satu Sama Lain

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gajah Afrika memiliki kemampuan untuk memanggil satu sama lain dengan nama unik. Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Ecology & Evolution ini menunjukkan bahwa gajah menggunakan panggilan berupa gemuruh rendah yang kompleks dan dapat didengar dari jarak jauh melintasi sabana.

Para peneliti dari Warner College of Natural Resources di Colorado State University menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk mendeteksi panggilan ini dari rekaman yang dibuat di Samburu National Reserve dan Amboseli National Park, Kenya. Mereka kemudian menguji hasilnya dengan memutar kembali suara tersebut kepada gajah-gajah tertentu, yang merespon lebih aktif terhadap panggilan yang mengandung “nama” mereka.

Profesor George Wittemeyer menjelaskan bahwa mereka harus mendekati gajah untuk merekam panggilan tersebut dalam semua kompleksitasnya. Suara yang digunakan oleh gajah tidak sepenuhnya bisa didengar oleh manusia karena sebagian besar berada di bawah ambang pendengaran manusia, sehingga mereka menggunakan mikrofon khusus untuk merekamnya.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa panggilan ini bukan hanya sekedar suara acak, tetapi memiliki struktur yang menunjukkan adanya “komunikasi nama”. Misalnya, ketika seekor ibu memanggil anaknya atau pemimpin kelompok memanggil anggota yang tertinggal, panggilan ini akan mendapatkan respon tertentu.

Kemampuan gajah ini menempatkan mereka di antara sedikit spesies hewan liar yang diketahui menggunakan “nama” individu, bersama dengan lumba-lumba dan burung beo. Keahlian ini menyoroti kompleksitas sosial dan vokal dari spesies ini, serta potensi untuk memahami lebih dalam cara komunikasi dan pemikiran mereka di masa depan.

Studi ini menegaskan pentingnya komunikasi dalam kehidupan sosial gajah dan membuka pintu untuk penelitian lebih lanjut mengenai bagaimana mereka berinteraksi dan berpikir.

Sumber: [Africanews](https://www.africanews.com/2024/07/11/new-study-finds-african-elephants-call-each-other-by-unique-names/) dan [LocalNews8](https://localnews8.com/news/ap-national/2024/06/10/african-elephants-call-each-other-by-unique-names-new-study-shows/).