Independent Internship at Pandesa Riding School Surabaya by 2nd Semester Veterinary Medicine Students, Airlangga University

      

Pada liburan semester yang berjalan kurang lebih dua bulan ini, tentunya perlu diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Meskipun baru semester dua sebagai mahasiswa fakultas kedokteran hewan, kami merasa perlu untuk mencari pengalaman dan ilmu tambahan di luar dunia perkuliahan. Kegiatan magang mandiri merupakan salah satu bentuk kegiatan produktif dan bermanfaat ketika dilaksanakan pada saat liburan. Meskipun baru dibekali dengan ilmu-ilmu dasar, bukanlah menjadi suatu hambatan bagi kami untuk berkembang. Justru dengan mengikuti magang mandiri ini, kami berharap dapat menambah ilmu yang belum kami dapatkan selama di bangku perkuliahan.

Pada kesempatan magang kali ini, kami melaksanakan magang mandiri di Pandesa Riding School yang berlokasi di Jl. Lidah Wetan, UNESA, Kec. Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur. Magang ini dilakukan oleh 10 mahasiswa Semester 2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, diantaranya Hisyam, Dzaky, Feby, Azka, Diva, Izza, Dian, Tita, Nadhifa dan Farah. Pelaksanaan magang mandiri ini kami laksanakan selama tujuh hari tertulis mulai tanggal 24 hingga 30 Juni 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 hingga 16.00  WIB. Alasan kami memilih magang mandiri di Pandesa Riding School karena kami merasa tempat ini dapat menjadi peluang besar bagi kami untuk mendapatkan ilmu mengenai manajemen kandang, manajemen pakan serta manajemen kesehatan pada kuda.

Beberapa kegiatan yang kami lakukan pada saat magang antara lain, mengecek dan memantau detak jantung sebelum dan sesudah kuda latihan sehingga kami dapat mengetahui frekuensi dan bunyi detak jantung normal pada kuda secara langsung, membersihkan sampah di sekitar kandang setiap pagi dan sore, memberikan pakan dan mengganti air minum secara berkala, membersihkan feses di dalam kandang ketika kuda keluar, menyisir rambut, memandikan serta mengobati luka pada kaki kuda setelah latihan. Selain itu kami juga diajarkan cara membersihkan kuku, memasang tapal serta menyuntikkan vitamin pada kuda. Saat kuda tidak digunakan, terkadang kami juga diberikan kesempatan untuk belajar menunggangi kuda.

Pada magang yang telah kami lakukan, kami mendapat banyak sekali pengalaman berharga serta ilmu baru. Harapan kami, ilmu yang telah didapatkan selama magang tersebut memberi manfaat bagi kami untuk kedepannya. Sebagai calon dokter hewan, kami menjadi lebih tahu bagaimana prospek pekerjaan seorang dokter hewan untuk kedepannya. Manusia akan selalu hidup berdampingan dengan makhluk lain salah satunya hewan, sehingga kesehatan dan kesejahteraan hewan pun sudah selayaknya kita perjuangkan. Hal tersebut selaras dengan Sustainable Development Goals nomor 3. Good Health, yang memiliki arti kehidupan sehat dan sejahtera.

Penulis : Azka Nafilata Azizy dan Feby Dwi Rosalina, Mahasiswa Semester 2 S1 Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

source
https://unair.ac.id/