Independent Internship at Semer Vet Care Bali

Pada tanggal 22 Juli – 5 Agustus 2024, saya, Denisse Carmelita, melaksanakan magang mandiri di Klinik Semer Vet Care, Kerobokan, Bali. Magang mandiri ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dalam praktisi profesi dokter hewan serta untuk menambah ilmu pengetahuan di luar kampus. Pada magang kali ini, mahasiswa dapat mempelajari dan menganalisis berbagai kasus yang terjadi pada hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, kelinci, dan unggas.

Klinik Semer Vet Care merupakan klinik dengan dokter hewan di Bali yang sudah berpengalaman selama lebih dari 14 tahun. Semer Vet Care dikenal dengan pelayanan yang baik dan profesional. Layanan yang disediakan meliputi konsultasi, pemeriksaan, pengobatan, vaksinasi, sterilisasi, serta rawat inap. Semer Vet Care merupakan klinik rujukan bagi klinik-klinik lain di daerah Kerobokan, Canggu, dan Seminyak.

Pada minggu pertama, saya ditugaskan untuk menjaga pasien rawat inap. Saya mengikuti dan membantu dokter dan kakak paramedis untuk merawat hewan di ruang inap, seperti mengecek suhu tubuh, memberi makan dan minum, memberikan obat, mengganti perban luka, mengganti infus, dan lain-lain. Pemberian obat biasanya dilakukan pada pagi hari setelah makan dan pada sore hari setelah makan. Terdapat obat yang diberikan secara oral dan intravena (melalui infus). Selain itu, pada saat jam jenguk (visiting hours) saya harus standby di ruang rawat inap untuk membantu menemani klien yang akan menjenguk hewan peliharaannya. Jam jenguk di Semer Vet Care adalah pukul 12.00 – 14.00 WITA dan pukul 18.00 – 20.00 WITA. Di minggu pertama ini saya dapat belajar mengenai banyak hal, seperti menginfus hewan, membersihkan dan mengganti perban luka pada hewan, mengetahui jenis obat yang digunakan untuk penyakit tertentu, dan lain-lain.

source
https://unair.ac.id/