Campus Life Introduction Activities for New Students Day 3

 Kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga pada hari ketiga dimulai dengan kegiatan faculty tour di pagi hari. Tour ini dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada berbagai fasilitas dan layanan yang ada di fakultas, termasuk ruang kuliah, laboratorium, kandang hewan, dan area penting lainnya. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal lingkungan akademik dan mempersiapkan diri untuk kegiatan perkuliahan yang akan datang.

Setelah kegiatan  faculty tour, acara dilanjutkan dengan pengenalan organisasi yang ada di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga seperti Badan Eksekutif Mahasiswa, Badan Legislatif Mahasiswa, Lembaga Pers Mahasiswa Venous, dan Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia. Melalui presentasi yang interaktif dan informatif, mahasiswa baru dapat memahami peran penting organisasi dalam mendukung pengembangan diri, baik dari segi akademik maupun keterampilan kepemimpinan.

Pada kegiatan PKKMB Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga ini juga memperkenalkan berbagai organisasi peminatan yang menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan minat khusus mahasiswa baru. Mahasiswa baru diperkenalkan dengan beberapa organisasi peminatan yaitu, KMPV (Kelompok Minat Profesi Veteriner) Pet and Wild, Ternak Besar, Unggas dan Burung, dan Airlangga Equine Club. Kegiatan ini berisi penyampaian program kerja tiap KMPV melalui video pendek yang nantinya menjadi informasi tambahan bagi mahasiswa baru.

Selain organisasi peminatan, mahasiswa baru juga diperkenalkan organisasi keagamaan yang menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan minatnya di bidang keagamaan. Mahasiswa baru diperkenalkan dengan beberapa organisasi keagamaan yaitu, Jamaah Muslim Veteriner, Sie Kerohanian Katolik, dan Sie Kerohanian Protestan. Kehadiran organisasi diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensi diri sesuai dengan passion, baik di bidang akademik, seni, olahraga, maupun kegiatan spiritual.

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan hari ini, diadakan prosesi pemberian pin kepada perwakilan mahasiswa baru yaitu Benediktus Andrey dan Nurul Sabina Binti Moh Zakir di ruang Tandjung Adiwinata, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Pin ini menjadi simbol resmi bahwa mereka kini telah menjadi bagian dari keluarga besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Proses ini juga menjadi momen mengharukan, sekaligus meneguhkan komitmen para mahasiswa baru untuk berkontribusi secara aktif dalam kehidupan kampus. Dengan berbagai kegiatan yang sarat akan informasi dan pengalaman baru, hari ketiga PKKMB ini diharapkan mampu membekali mahasiswa baru dengan pengetahuan yang lebih mendalam tentang lingkungan kampus, sekaligus memperkuat rasa kebersamaan di antara mereka.

source
https://unair.ac.id/