FKH UNAIR Lecturer Explores International Collaboration with Universiti Malaya Malaysia

Surabaya, Pada tanggal 3 hingga 7 September 2023, staf dosen dari Divisi Mikrobiologi dan Divisi Parasitologi Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan kegiatan staff outbound yang berlangsung di Universiti Malaya Malaysia. Tim yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Dr. Wiwiek Tyasningsih, drh., M.Kes., Prof. Dr. Puji Hastutiek, drh., M.Si., dan drh Agus Sunarso, M.Sc.

Kegiatan ini dimulai dengan kunjungan ke Fakultas Kedokteran (FK) Universiti Malaya Malaysia, tim diterima dengan hangat oleh Prof. Dr. Chan Yoke Fun, Ketua Departemen Mikrobiologi. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk menjajaki hubungan kerjasama internasional antara kedua institusi khususnya dibidang Mikrobiologi.

Selama kunjungan, para dosen dari FKH UNAIR dan FK Universiti Malaya Malaysia memaparkan profil masing-masing Departemen dan Divisi mereka. Diskusi kemudian dilanjutkan dengan pembahasan tentang metode belajar mengajar. Dalam diskusi juga menjajaki kemungkinan untuk dilakukan kolaborasi dalam bidang penelitian dan menciptakan mitra internasional yang dapat meningkatkan peringkat akademik dan reputasi universitas.

Meskipun fakultas keduanya memiliki latar belakang yang berbeda, namun dalam bidang Mikrobiologi dan Parasitologi terdapat potensi yang besar untuk berkolaborasi baik dalam pendidikan maupun riset, terutama dalam konteks permasalahan One Health dan Biomedical Science. Diskusi yang berlangsung juga dihadiri oleh beberapa staf dosen Mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universiti Malaya Malaysia.

Sebelum mengakhiri kunjungan, tim FKH UNAIR diajak berkeliling untuk melihat fasilitas laboratorium Mikrobiologi yang digunakan untuk pembelajaran mahasiswa dan penelitian di Universiti Malaya Malaysia. Kegiatan ditutup dengan pertukaran souvenir sebagai tanda persahabatan antara kedua fakultas.

Kerjasama internasional seperti ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi perkembangan akademik dan riset di kedua institusi, serta mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang mikrobiologi dan parasitologi. (Witya)

source
https://unair.ac.id/