Unair Accompanies Pokdarwis in Probolinggo to Develop Local Village Potential

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerjunkan timnya untuk mendampingi pokdarwis mengelola agrowisata di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Tim gabungan dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) dan Fakultas Vokasi Unair itu memberikan pendampingan kepada pokdarwis setempat untuk mengembangkan potensi lokal, baik berupa wisata alam, wisata buatan, maupun wisata budaya.

Dosen FKH Unair Prof Jola Rahmahani mengatakan, kekayaan agrowisata di Negororejo cukup berimpah, di antaranya peternakan sapi dan lebah. Karena itu, peternakan sapi untuk kegiatan agrowisata perlu perlakuan khusus untuk mencegah sapi stress.

“Untuk mendukung pengembangan agrowisata sapi perah di Desa Negororejo, maka dilakukan sosialisasi tentang kesehatan sapi perah untuk mendukung agrowisata,” ujar Prof Jola, Kamis (2/11/2023).

Selain sosialisasi kesehatan sapi, tim juga memberikan pelatihan pengolahan susu sapi sebagai oleh-oleh pariwisata. Pengolahan susu itu dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah produk. “Selain itu juga dapat memperpanjang usia simpan susu, dan memanfaatkan susu dengan kadar lemak kurang dari 30 persen, yang bisanya tidak bisa diterima di pabrik susu,” jelasnya.

Sementara tim Vokasi Unair dalam kesempatan itu memberikan sosialisasi terkait potensi dan pengembangan agrowisata. Dikatakan Dr Sri Endah Nurhidayati, timnya juga melatih penyusunan paket wisata agro, dan pengembangan aspek pemasaran.

“Unair berkomitmen mendampingi desa mengembangan potensi lokal. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan mendampingi pokdarwis menyusun paket wisata agro yang memilki daya tarik sekaligus edukasi,” katanya.

Untuk diketahui, pendampingan oleh Unair ini sebagai wujud komitmen dalam pengembangan agrowisata di Negororejo sebagai pendukung kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS). [ipl/kun]

SUmber: https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/unair-dampingi-pokdarwis-di-probolinggo-kembangkan-potensi-lokal-desa/

source
https://unair.ac.id/