Independent internship at Valley Pets Veterinary Clinic

Kasus pertama yang saya pelajari adalah tentang terapi laser. Ini adalah anjing tua dengan nama Faye Faye, ia menderita osteoarthritis yang memiliki persendian kaki yang buruk dan membutuhkan perawatan terapi laser. Asisten dokter hewan perlahan-lahan memindahkan tongkat laser genggam bolak-balik di atas bagian persendian yang buruk, menghasilkan sensasi hangat dan menyenangkan yang tampaknya dinikmati dan menenangkan sebagian besar hewan peliharaan. Sesi berlangsung sekitar 15 menit. Terapi laser membantu dalam perkembangan jaringan otot yang pada gilirannya meningkatkan penyembuhan. Selain itu, terapi laser membantu mengurangi peradangan dimana energi laser meningkatkan kecepatan perbaikan jaringan dengan meningkatkan mikrosirkulasi lokal. Waktu kegiatan itu pada 21/7/2023, 10.10am MYT. Lokasi kegiatan tersebut di dalam ruang bedah.

Kasus kedua  adalah pyometra pada anjing betina. Mimi adalah anjing betina tua yang belum dikebiri di usia yang lebih muda, didiagnosis menderita pyometra yang merupakan infeksi sekunder akibat perubahan hormonal pada saluran reproduksi betina dan rahim umumnya berisi nanah. Kondisi ini terjadi karena anjing belum disterilkan. Sebuah ovariohysterectomy (spay) dilakukan untuk mengangkat rahim dan indung telur dengan operasi yang mana operasi pyometra ini lebih rumit daripada spay rutin. Dokter hewan membuat sayatan di garis tengah dinding perut setinggi umbilikus. Sayatan dibuat melalui tiga lapisan untuk mengekspos isi perut. Rahim dan ovarium ditempatkan dengan hati-hati, diangkat dengan operasi dan diikat. Di akhir operasi, sayatan perut dijahit secara rutin dalam tiga lapisan. Waktu kegiatan itu pada 11/7/2023, 3-4pm MYT. Lokasi kegiatan tersebut di dalam ruang bedah.

Banyak ilmu pengetahuan yang didapatkan selama magang mandiri. Selain itu, hal baru yang didapatkan adalah keuntungan membawa hewan peliharaan untuk dikebiri yaitu pengebirian membantu mengurangi risiko tumor mammae dan pyometra pada anjing betina serta penyakit testis dan prostat pada anjing jantan. Terima kasih Valley Pets Veterinary Clinic karena telah memberikan kesempatan untuk menambah wawasan dan pengalaman terbaik.

Penulis : Poon Xi Lynn

Editor : Permatasari, DA

source
https://unair.ac.id/