Summer Equine Clinical Externship

Pada bulan Juli-Agustus 2023, mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan, Kinaya Priyanka Purbonegoro (2020) mengikuti program “Summer Equine Clinical Externship 2023” di VETAGRO SUP, Lyon, Perancis. Ia melakukan kegiatan pada divisi Medicine dan Surgery selama 1 bulan, di mulai dari tanggal 24 Juli 2023 hingga 20 Agustus 2023. Program ini bertujuan untuk mengaplikasikan teori secara langsung yang telahdidapat selama belajar di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Kemudian untuk, menambah relasi dan jaringan sehingga nantinya dapat membangun suatu silaturrahim yang bagus dan kuat antaraVETAGRO SUP Lyon, mahasiswa, dan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga.

Selama kegiatan, Kinaya membantu dalam Intensive Care Unit kuda dan ikut serta dalam mempersiapkan operasi pada kuda bersama dengan senior resident dan intern veterinarian yang kompeten dan ahli dalam bidangnya. Selain itu, ia juga membantu dalam divisi radiologi. Fasilitas yang dimiliki oleh VETAGRO SUP sangat lengkap dan memiliki kualitas yang tinggi. Para senior resident, resident, dan intern veterinarian juga sangat terbuka untuk membagikan ilmunya dan mengajarkan banyak sekali pengetahuan mengenai kuda. Dengan mengikuti clinical externship ini menambah pengalaman untuk melakukan hands on pada pasien dan mengasah kemampuan motorik.

Tidak hanya ilmu pengetahuan baru, tentunya ia mendapatkan pandangan dalam perkembangan dunia veteriner khususnya di bidang equine di Perancis. Maka, tentunya nanti ilmu yang sudah didapatkan bisa untuk diadaptasi dan diimplementasikan ketika kembali ke Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga dan menjadikannya sebagai World Class University.

 

Penulis: Kinaya Priyanka Purbonegoro

source
https://unair.ac.id/